Kemajuan dan perkembangan
dalam perindustrian telah mendorong untuk melakukan beberapa aspek pengelolaan
dan manajemen yang dituntut memiliki kinerja, kecermatan, ekonomis, kecepatan,
ketepatan, ketelitian serta keamanan yang tinggi dalam mengelola harapan .
Manajemen suatu kegiatan baik investasi kecil maupun besar dalam skala proyek
memerlukan suatu metode yang sudah teruji, sumber daya yang berkualitas dan
penerapan ilmu pengetahuan yang tepat.
Manager adalah
orang atau seseorang yang harus mampu membuat orang-orang dalam organisasi yang
berbagai karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi memiliki ciri yang
sesuai dengan tujuan (goals) dan teknologi (technology). Dan tugas seorang
manager adalah bagaimana mengintegrasikan berbagai macam variabel
(karakteristik, budaya, pendidikan dan lain sebagainya) kedalam suatu tujuan
organisasi yang sama dengan cara melakukan mekanisme penyesuaian.
Proyek merupakan
gabungan seperti sumber daya manusia, material, machine dan modal/biaya dalam
suatu wadah organisasi sementara untuk mencapai tujuan dalam sasaran dan
tujuan. Sifat dari suatu proyek adalah bersifat sementara dan dalam kurun waktu
yang dibatasi. Suatu proyek biasanya terjadi karena suatu keperluan yang
mendesak karena tuntutan pengembangan dari suatu lokasi tertentu.
Seorang manager proyek
merupakan seorang professional dalam bidang manajemen proyek. Manajer proyek
memiliki tanggung jawab untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan dan penutupan
sebuah proyek yang biasanya berkaitan dengan bidang industri kontruksi, arsitektur,
telekomunikasi dan informasi teknologi. Untuk menghasilkan kinerja yang baik,
sebuah proyek harus dimanage dengan baik oleh manajer proyek yang berkualitas
baik serta memiliki kompetensi yang disyaratkan. Lalu apa saja kompetensi yang
dimaksud?
Seorang manajer proyek
yang baik harus memiliki kompetensi yang mencakup unsur ilmu pengetahuan
(knowledge), kemampuan (skill) dan sikap (attitude). Ketiga unsur ini merupakan
salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan proyek. Sebuah proyek akan
dinyatakan berhasil apabila proyek dapat diselesaikan sesuai dengan waktu,
ruang lingkup dan biaya yang telah direncanakan.
Manajer proyek merupakan
individu yang paling menentukan keberhasilan atau kegalan proyek. Karena dalam
hal ini manajer proyek adalah orang yang memegang peranan penting dalam
mengintegrasikan, mengkoordinasikan semua sumber daya yang dimiliki dan
bertanggung jawab sepenuhnya atas kenberhasilan dalam pencapaian sasaran
proyek.
Untuk
menjadi manajer proyek yang baik, terdapat 9 ilmu yang harus dikuasai.
Adapun ke sembilan ilmu yang dimaksud antara lain :
1. Manajemen Ruang Lingkup
2. Manajemen Waktu
3. Manajemen Biaya
4. Manajemen Kualitas
5. Manajemen Sumber Daya Manusia
6. Manajemen Pengadaan
7. Manajemen Komunikasi
8. Manajemen Resiko
9. Manajemen Integrasi
Setidaknya,
ada 3 (tiga) karakteristik yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat
kualifikasi seseorang untuk menjadi Manajer Proyek yaitu:
• Karakter Pribadinya
• Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Proyek yang
Dikelola
• Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Tim yang
Dipimpin
Referensi :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/04/kriteria-manajer-proyek-yang-baik/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar